Belajar Memahami Diri Sendiri untuk Mencapai Kehidupan yang Lebih Sukses


Sukses merupakan istilah yang pasti ada di daftar tujuan hidup semua orang. Hanya saja setiap orang memiliki mindset yang berbeda tentang cara meraih kesuksesan. Sayangnya, di masyarakat kita ini masih banyak pemikiran yang kurang terbuka. Peluang kesuksesan kebanyakan hanya dilihat dari nilai yang diperoleh di bangku sekolah. 


 ruangmuslimah.com

Banyak orang yang meramal bahwa orang yang mendapat nilai baik di sekolah kelak akan menjadi orang yang sukses. Sebaliknya, orang yang kurang pintar di sekolah kerap kali dikutuk masa depannya akan suram. 

Setidaknya, itulah kejadian yang sering saya temui ketika saya duduk di bangku sekolah. Padahal kan setiap manusia adalah unik, mereka punya cara masing-masing untuk mencapai tujuan mereka.

 celebrity.okezone.com

Jadi, kita tidak boleh menyamaratakan proses setiap orang. Seperti kata Albert Einstein, bahwa semua anak adalah genius tetapi jika kita menilai ikan dari caranya memanjat pohon, maka ikan itu akan merasa bodoh seumur hidupnya. 

Nah, sebagai generasi milenial, tentunya kita punya pemikiran yang lebih modern yang terbuka daripada orang tua kita. Oleh karena itu, bagi kalian yang mungkin masih dihantui dengan tuntutan-tuntutan orang tua, kalian harus bisa meyakinkan mereka bahwa kalian bisa mencapai kesuksesan dengan cara yang kalian pilih sendiri. 

Tetapi, sebelum meyakinkan orang tua hendaknya kalian bisa membaca diri kalian sendiri. Maksudnya, kalian harus mampu menemukan jati diri sebelum kalian angkat bicara tentang impian kalian. Nah, berikut ini cara memahami diri sendiri yang harus kalian tahu!

Ketahui Hal-hal Apa Saja yang Kalian Suka dan Tidak Suka dalam Hidup

 jongehelden.be

Sepanjang perjalanan hidup, kita akan bertemu dengan banyak orang, mengalami banyak kejadian, dan didatangi banyak kesempatan. Tetapi, tidak semua yang datang akan benar-benar membuat kita merasa berharga, kan? 

Oleh karenanya kita harus pandai dalam menyeleksi semua hal yang ada di hidup kita. Intinya, biarkan hati kita tetap terbuka untuk segala hal, tetapi kita  harus bisa memfilter mana yang baik dan mana yang tidak baik. 

Apa yang menurut kita hanya mengganggu hidup kita, tendang saja. Membiarkan hal-hal yang tidak kita sukai tetap ada di hidup kita hanya akan membuat kita merasa insecure dan takut melanjutkan perjalanan.
 
Kenali Potensi yang Ada Pada Diri Kalian

 hidupsekali.com

Setiap manusia adalah unik dan berkemauan bebas. Mau dia rupawan ataupun tidak. Mau dia cerdas ataupun tidak. Mau dia kaya ataupun tidak. Selalu ada yang layak dibanggakan dari diri seseorang. Dunia ini sangat kaya dan kita adalah salah satu kekayaannya. Artinya, dunia akan selalu membutuhkan kita. Jadi, kita harus tetap berkembang kalau mau dunia makin makmur. 

Dengan mengetahui potensi, maka kita akan lebih mudah berkembang. Potensi bisa dilihat dari hal apa yang paling membuat kita tertarik atau dari hal yang membuat kita merasa sangat nyaman saat berhadapan dengannya. Bisa dibilang, potensi kita adalah kekuatan kita. Semakin sering potensi diasah, maka kita akan semakin kuat dan tangguh.

Buang Jauh-jauh Rasa Takut Akan Kegagalan

 merdeka.com

Kegagalan sering kali menjadi hal yang paling ditakutkan seseorang dalam hidup. Padahal, 
kegagalan adalah cara Tuhan untuk membuat kita mengenal lebih banyak rasa dalam perjuangan. 

Sebagai keberhasilan yang tidak terjadi, kegagalan akan menjembatani kita menuju keberhasilan yang sesungguhnya. Lagi pula, kalau tidak pernah gagal, kita tidak akan pernah tahu bagaimana nikmatnya berhasil. 

Jadi kegagalan tak perlu ditakuti, ia hanya perlu dihadapi. Toh, nanti juga akan ada saatnya di mana keberhasilan kita akan menari di atas kegagalan yang pernah kita lewati di masa lalu.

Nah, itu tadi beberapa cara paling sederhana yang bisa kita terapkan untuk bisa menemukan jati diri. Namun, apa pun cara yang nanti kalian pilih untuk menemukan jati diri, semoga kalian diberikan kemudahan dalam mencapainya! Semangat!

Ditulis Oleh Sahabat Pena: Nasywa Fauzia Zahro

Comments

Popular posts from this blog

Kisah Inspiratif Penghafal Al-qur'an - Menghadapi Ujian Sakit

Kisah Inspiratif: Lika-liku Penghafal Qur'an Menghadapi Psikomatis

Allah Sudah Menuliskan Namanya di Buku Takdirmu, Jemputlah Dia dengan Cara Ini